Selasa, 11 September 2012

Cara Pendaftaran TestAS 2012

Beberapa minggu ini, siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Malang sedang dibingungkan dengan pendaftaran TestAS. TestAS ini akan diadakan pada tanggal 27 Oktober 2012. Pada pengumuman pertama seminggu sebelum lebaran, siswa diharuskan untuk mendaftar TestAS dan menyerahkan lembar Admission to exam sampai tanggal 31 Agustus 2012. Banyak siswa yang salah memahaminya, saat mereka mendaftar secara online, mereka mengira akun mereka sudah didaftarkan, jadi mereka hanya perlu login, lalu mengunduh, mencetak, mengisi, dan mengumpulkan lembar Admission to exam. Padahal, semua akun siswa belum terdaftar, sehingga kita harus mendaftar terlebih dahulu.


Sebelum libur lebaran, saya mencoba mendaftar di tempat les dengan diarahkan oleh teman les yang sudah mendaftar, dan ternyata prosesnya gampang. Tapi, di website tersebut tertulis lembar Admission to exam baru bisa diunduh mulai tanggal 28 September 2012. Saya sempat kebingungan, tapi karena saat itu tanggal 31 Agustus masih lama, jadi saya masih santai. Libur lebaran pun usai. Dua hari menjelang tanggal 31 Agustus, Frau Vani yang menjadi guru pembimbing bahasa Jerman kami datang ke kelas-kelas untuk mengumumkan bahwa lembar Admission to exam memang baru bisa diunduh tanggal 28 September dan pendaftaran dapat dilakukan sampai tanggal 24 September 2012.


Pencerahan pun kami terima, banyak yang bersantai karena batas waktu pendaftaran masih lama. Tetapi, beberapa siswa yang mencoba mendaftar mengatakan bahwa proses pendaftaran tersebut sulit, lebih tepatnya membingungkan. Akhirnya, saya mencoba membantu beberapa siswa lain yang kesulitan dan masalah pun teratasi. Dan bagi siswa lain yang belum mendaftar, saya akan memberitahu cara pendaftaran TestAS 2012 ini.


Menurut lembaran yang diberikan dan ditempel di masing-masing kelas, TestAS (Test für Ausländische Studierende/Test for Academic Studies/Tes Studi Akademik) adalah sejenis tes potensi akademik yang bertaraf internasional sejak tahun 2007. Ditawarkan gratis oleh Yayasan Goethe Indonesia, biaya sebenarnya masing-masing €100 atau sekitar Rp1.500.000,00. Dan menurut website DAAD (Deutscher Akademischer Austausch Dienst/German Academic Exchange Service/Dinas Pertukaran Akademis Jerman) Jakarta, TestAS adalah standar utama tes bakat skolastik yang mengukur kemampuan intelektual yang sangat penting untuk studi universitas. TestAS ditujukan bagi pelamar studi dari negara-negara non-Uni Eropa yang berencana untuk melakukan studi sarjana di universitas Jerman.

Jadwal Ujian

TestAS selanjutnya dijadwalkan pada tanggal 27 Oktober 2012.
Periode pendaftaran untuk ujian ini dimulai pada 1 Agustus 2012 dan berakhir pada 24 September 2012.

Juga tidak terdiri dari tes bahasa online, uji inti, dan modul khusus.
Peserta dapat memilih satu dari empat subyek-modul spesifik:

  • Humaniora, Ilmu Budaya, dan Ilmu Sosial
  • Matematika, Ilmu Komputer, dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Teknik
  • Ilmu Ekonomi

Tata Cara

1. Buka website www.testas.de.
2. Klik English yang ada di kanan atas halaman.
3. Klik Registration.
4. Pilih Indonesia pada pilihan Country.
5. Tunggu proses pemuatan halaman selesai, kemudian pilih Surabaya pada pilihan City.
6. Tunggu proses pemuatan halaman selesai, lalu klik Continue.
7. Klik Continue.
8. Pilih modul sesuai dengan yang telah dipilih di sekolah dan yang ada di lembar pengumuman. Pilih English sebagai bahasa yang digunakan dalam TestAS.
  • HCS untuk Humanities, Cultural Studies and Social Sciences (Humaniora, Ilmu Budaya, dan Ilmu Sosial),
  • ENG untuk Engineering Sciences (Ilmu Teknik),
  • MCN untuk Mathematics, Computer Science and Natural Science (Matematika, Ilmu Komputer, dan Ilmu Alam), dan
  • ECO untuk Economic Sciences (Ilmu Ekonomi).
9. Pilih I am a new candidate.
10. Isilah data kontak Anda pada halaman tersebut. Isian yang bertanda * tidak wajib diisi, tapi jika dapat diisi dengan data Anda, lebih baik diisi. Anda dapat mengisi mulai dari
  • nama terakhir, nama tengah (jika nama Anda lebih dari 2 kata), nama pertama,
  • jenis kelamin, tanggal lahir (tanggal, bulan, tahun),
  • alamat rumah (negara tempat tinggal, jalan, nomor, kota, kode pos),
  • e-mail (harus benar karena untuk memberikan informasi penting tentang ujian ini), nomor telepon (bisa nomor telepon seluler), dan
  • user name dan password sesuai dengan yang ada di lembar pengumuman.
Kemudian, tandai kotak cek I agree to the processing and use of my personal details in accordance in accordance with the preceding data protection notice, lalu klik Continue.
11. Isilah data ujian, seperti
  • negara asal, jenis kartu identitas (pilih Identity card untuk Kartu Pelajar), nomor identitas (Nomor Induk Siswa), dan
  • jawab pertanyaan-pertanyaan singkat tersebut sesuai dengan keadaan Anda.
    • 1; "Apakah Anda telah atau sedang belajar di universitas?", pilih no.
    • 1.1; "Area subyek yang mana yang telah Anda pelajari?", jika Anda sedang atau telah menyelesaikan pendidikan tinggi, maka jawablah. Jika tidak, abaikan.
    • 1.2; "Berapa lama Anda telah belajar di universitas?", jika Anda sedang atau telah menyelesaikan pendidikan tinggi, maka jawablah. Jika tidak, abaikan.
    • 1.3; "Apakah Anda mempunyai gelar akademik?", pilih no.
    • 2; "Apa bahasa pribumi Anda?", pilih Indonesian atau jika tidak ada di pilihan, isi pada isian di bawahnya.
Setelah itu, klik Continue.
12. Masukkan nomor TAN sesuai dengan yang ada di lembar pengumuman dan klik Continue.
13. Cek data yang telah Anda masukkan, jika terdapat kesalahan, klik Change.
Jika sudah benar semua, tandai kotak cek I accept the general Terms and Conditions of Business and the special Terms and Conditions relating to the TestAS dan klik Send Data.
14. Selamat! Anda telah terdaftar sebagai peserta TestAS 2012. Anda dapat mengkonfirmasi e-mail Anda agar Anda dapat menerima informasi penting tentang TestAS. Dan pada tanggal 28 September 2012 - 26 Oktober 2012, Anda dapat mengunduh dan mencetak lembar Admission to exam.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat, dan selamat mengikuti TestAS 2012! :)