Minggu, 17 November 2013

Jurusan Informatika Universitas Sebelas Maret


Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS adalah salah satu program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berdiri sejak tanggal 29 Januari 2007 dengan nama Program Studi Ilmu Komputer melalui SK Pendirian 163/D/T/2007. Pada tahun 2009 berganti nama menjadi Program Studi Teknik Informatika berdasarkan pada surat perpanjangan izin operasional.

Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS saat ini memiliki staf pengajar berpendidikan minimal S2 (Magister/Master) baik dari dalam maupun luar negeri yang terbagi dalam 4 (empat) kelompok penelitian yaitu: Sistem Informasi (SI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Ilmu Rekayasa dan Komputasi (IRK), serta Jaringan dan Sistem Terdistribusi (JST). Pengembangan staf Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS dilakukan dengan melakukan pengiriman staf mengikuti pelatihan, seminar (conference), dan studi lanjut baik di dalam maupun ke luar negeri.

Kurikulum Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS mengacu salah satunya pada ACM Computing Curricula 2005 yang disesuaikan dengan penambahan muatan lokal. Secara periodik kurikulum dievaluasi dan disesuaikan dengan kondisi yang berkembang dengan melibatkan seluruh staf akademik  melalui lokakarya setiap dua tahun. Keterlibatan stakeholder dan alumni diwujudkan dalam bentuk survei kepuasan pelanggan serta studi pelacakan alumni (tracer studi) yang rutin dilakukan dalam jangka waktu tiap semester/tiap tahun.

Di bidang penelitian Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS memberikan fasilitas kepada dosen berupa ketersediaan fasilitas laboratorium penelitian, yang terdiri dari SI, RPL, IRK, serta JST. Keluaran dari penelitian telah dipublikasikan melalui jurnal internasional, jurnal nasional dan melalui seminar/konferensi baik tingkat nasional maupun internasional. Pencapaian penelitian yang lolos dalam hibah pendanaan penelitian juga cukup besar, paling tidak satu proposal bisa dibiayai dalam satu skema hibah.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan Program Studi Teknik Informatika dengan dua skema, yaitu pengimplementasian hasil penelitian dan pelatihan. Pelatihan pemanfaatan ICT untuk pembelajaran ternyata memperoleh tanggapan yang cukup baik dari masyarakat. Hal tersebut terbukti dari adanya permintaan pelatihan dari pihak sekolah/kelompok sekolah.

Di bidang kerja sama dengan pihak eksternal, Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS melakukan kerja sama dalam bentuk kegiatan magang, visiting professor/lecturer, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pembelajaran yang mengarah pada kurikulum. Lembaga/institusi tersebut berasal dari dalam negeri antara lain: PT. TELKOM, GamaTechno, dan PT. INKA maupun luar negeri antara lain University of SAGA, dan University Technology of Malaya (UTeM).

Program Studi Teknik Informatika memiliki fasilitas belajar berupa perpustakaan (di tingkat Universitas dan Fakultas) yang didukung dengan ketersediaan jurnal internasional terbaru. Untuk penyelenggaraan perkuliahan di tiga gedung berbagi pakai dengan program studi lain di FMIPA UNS. Selain itu untuk kepentingan koneksi jaringan internet di UNS saat ini sudah mencapai 350 Mbps, dengan setiap mahasiswa sudah bisa mencapai maksimal 512 Kbps. Sistem pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas fisik (Gedung/bangunan) dilakukan di tingkat Fakultas, melalui subbagian Umum dan Perlengkapan. Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan telah dilakukan dengan dukungan sistem informasi antara lain layanan Registrasi secara Online, Sistem Akademik (Pengambilan Mata Kuliah, Jadwal dan Penilaian), Beasiswa dan Program Kreatifitas Mahasiswa.

Dari aspek Sistem Penjaminan Kualitas Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNS meliputi input, proses PBM, dan output, serta outcome. Penjaminan mutu internal diterapkan pada perbaikan proses pembelajaran, pelaksanaan magang mahasiswa serta pelaksanaan tugas akhir. Dampaknya antara lain meningkatnya IPK mahasiswa dan kecepatan penyelesaian tugas akhir yang berimbas pada masa studi. Untuk kepentingan tersebut Program Studi Teknik Informatika mendatangkan Tenaga Ahli dalam pengembangan pembelajaran dan penelitian.


Visi Jurusan Informatika
Sebagai pusat kajian dan penyelenggaraan pendidikan bidang Informatika yang berkualitas, profesional, dan mandiri, mampu bersaing di tingkat nasional, dan dikenal di tingkat internasional.

Misi Jurusan Informatika
  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan sarjana Informatika yang berkualitas, profesional, mandiri, dan bertanggung jawab.
  2. Melakukan kajian dan penelitian di bidang Informatika yang bermanfaat dan bermartabat.
  3. Melakukan pengabdian pada masyarakat melalui berbagai aplikasi teknologi informasi untuk membantu menciptakan nilai tambah dalam kehidupan masyarakat.
Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana Informatika yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan global, mandiri, dan bertanggung jawab, serta mampu bekerja secara profesional dan transdisipliner.
  2. Memenuhi kebutuhan tenaga kerja bidang Informatika yang profesional sesuai dengan tuntunan perkembangan zaman.
  3. Mengkaji dan mengembangkan disiplin Informatika untuk kemaslahatan manusia dan masyarakat yang bermartabat.
  4. Memberikan pelayanan jasa bidang Informatika untuk meningkatkan daya saing bangsa.


Struktur organisasi Program Studi Teknik Informatika  FMIPA UNS Surakarta terdiri dari unsur Pimpinan, Pelaksana Penunjang, dan Kemahasiswaan. Pimpinan terdiri dari Ketua dan Sekretaris Program Studi. Unsur Pelaksana Penunjang adalah Tata Usaha/Administrasi, Ketua Laboratorium, Divisi Penelitian-Pengabdian pada Masyarakat dan Kerjasama (P2MK), Divisi Kerja Praktek (KP), Divisi Tugas Akhir (TA), Divisi Kemahasiswaan (MAWA), Tim Penjaminan Mutu dan Audit Internal Jurusan.

Ketua dan Sekretaris Program Studi bertanggung jawab atas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi sesuai dengan visi, misi, dan tujuan program studi. Pelaksanaan tugas perencanaan keperluan keuangan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan dan administrasi sehari-hari dengan koordinasi oleh Ketua Program Studi. Pelaksanaan administrasi secara umum yang menyangkut surat menyurat, pendidikan dan lain-lain dikoordinasi oleh Sekretaris Program Studi dibantu oleh Tata Usaha/Administrasi. Ketua Laboratorium bertugas mengelola laboratorium untuk kepentingan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Divisi P2MK bertugas mengkoordinir pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta menjalin kerja sama dan mengembangkan usaha Program Studi. Divisi P2MK juga melakukan koordinasi dengan koordinator Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat Fakultas (KPPMF) dan  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS. Divisi KP bertugas mengkoordinir persiapan dan pelaksanaan kerja praktek/kegiatan magang, serta memonitor dan mengevaluasi kegiatan kerja praktek/kegiatan magang. Divisi TA bertugas mengkoordinir pelaksanaan tugas akhir mahasiswa. Tim Penjaminan Mutu dan Audit Internal Jurusan bertugas melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem manajemen mutu di tingkat program studi.

  1. Tersedianya perpustakaan baik di tingkat universitas maupun fakultas yang dilengkapi dengan koleksi buku, jurnal ilmiah, CD-ROM, dan fasilitas internet, yang dapat digunakan seluruh sivitas akademika untuk mengakses informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam pembelajaran maupun penelitian.
  2. Tersedianya laboratorium komputer yang dilengkapi jaringan internet dan hotspot area sebagai sarana mencari dan mengakses pengetahuan dan informasi bagi seluruh sivitas akademika.
  3. Aula sebagai tempat yang bisa menampung kegiatan akademik dengan peserta dalam jumlah besar misalmya audiensi, seminar, dan lain-lain.
  4. Ruang kelas untuk proses pembelajaran.
  5. Papan pengumuman elektronik program studi informatika yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi-informasi akademik.


Jurusan Informatika 

Fakultas MIPA
Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir. Sutami 36-A Surakarta
Telp: 0271-663451
Faks: 0271-663451
Email: if@mipa.uns.ac.id