Minggu, 17 November 2013

S-1 Informatika UNS

Informatika, salah satu jurusan yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta resmi berdiri pada tanggal 29 Januari 2007 melalui SK Pendirian 163/D/T/2007. Awalnya, jurusan ini bernama Ilmu Komputer. Namun kemudian pada tahun 2009 berganti nama menjadi Teknik Informatika, dan pada tahun 2011 berganti nama lagi menjadi Informatika.

Ada empat kelompok penelitian pada jurusan yang tergolong muda di UNS ini, yaitu Sistem Informasi (SI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Ilmu Rekayasa dan Komputasi (IRK), serta Jaringan dan Sistem Terdistribusi (JST). Jurusan yang dosen pengajarnya minimal berpendidikan S-2 ini mempunyai kurikulum yang mengacu pada ACM Computing Curricula 2005, salah satunya. Namun juga disesuaikan dengan penambahan muatan lokal.

Memiliki visi sebagai pusat kajian dan penyelenggaraan pendidikan bidang informatika yang berkualitas, profesional dan mandiri, mampu bersaing di tingkat nasional, dan dikenal di tingkat internasional, jurusan Informatika memberikan berbagai fasilitas, di antaranya laboratorium dan koneksi internet mencapai 350 Mbps sebagai penunjang belajar mahasiswa dalam proses pencapaian visi tersebut. Selain itu, terdapat perpustakaan yang dilengkapi dengan koleksi buku, jurnal ilmiah, CD-ROM, dan fasilitas internet yang dapat digunakan seluruh civitas academica untuk mengakses informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam pembelajaran maupun penelitian.

Tak hanya itu, koneksi kerja sama jurusan ini luas cakupannya dengan lembaga/institusi yang berasal dari dalam negeri, antara lain beberapa SMP dan SMA di Surakarta, Pemerintah Kota Solo, Pemerintah Kabupaten Sragen, Kemenpora RI, PT. Telkom, GamaTechno, dan PT. INKA, maupun luar negeri antara lain University of SAGA dan University of Malaya (UTeM).

Pada awal tahun 2013, jurusan yang masih berumur 6 tahun ini memperoleh akreditasi BAN-PT dengan nilai B. Hal ini cukup bagus bagi jurusan yang baru mewisuda dua angkatan pertama, yaitu tahun 2007 dan 2008.

Jurusan Informatika merupakan salah satu jurusan favorit yang paling banyak diminati di universitas yang berdiri pada tanggal 11 Maret 1976 ini. Ditunjukkan melalui tingkat keketatan untuk diterima pada jurusan ini, pada SBMPTN tahun ini, satu calon mahasiswa harus bersaing untuk menumbangkan 130 peserta yang lain. Oleh sebab itu, tingkat keketatan pada jurusan Informatika mencapai 1:130. Bahkan, berdasarkan data yang disampaikan oleh Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2013 UNS, Sutarno, jumlah peminat prodi Informatika mencapai 3.270, sedangkan yang diterima pada SNMPTN 2013 UNS jurusan ini hanya 25 mahasiswa.

Tempat kuliah mahasiswa Informatika dan kantor jurusan yang terletak di lantai 4 gedung B FMIPA UNS ini sering dijuluki 'kahyangan' karena letaknya yang paling tinggi dibandingkan letak jurusan lain se-UNS.

Prestasi mahasiswa-mahasiswinya pun patut diacungi jempol. Dalam ajang mahasiswa berprestasi atau yang sering disebut mawapres, selalu meloloskan perwakilannya hingga menembus 3 besar. Para alumninya juga bekerja di perusahaan-perusahaan terkenal baik di dalam kota maupun luar kota. Kegiatan Himpunan Mahasiswa Informatika yang bernama Himaster juga sering menorehkan prestasi dengan mengadakan acara tingkat daerah maupun nasional yang memberikan kontribusi bagi masyarakat pada umumnya. (Adi)

Sumber: majalah HotSpot edisi 6 | 24 08 2013, InformaticsSpot, halaman 5

HotSpot merupakan majalah annual yang dipublikasikan oleh bidang Media dan Informasi Himpunan Mahasiswa Informatika yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta. Majalah HotSpot berisi informasi mengenai perkembangan seputar teknologi sebagai penambah wawasan mahasiswa.